Bersumber dari : http://www.abyfarhan.com/2013/01/cara-membuat-like-box-facebook-melayang_4.html#ixzz2N3w9dmOh Follow us: @aby_farhan on Twitter
Lomba

Rabu, 27 Februari 2013

Mengapa Pandangan Mata Menjadi Kabur ?


Mengapa pandangan mata kita menjadi tidak jelas setelah berpapasan dengan kendaraan dengan lampu yang menyilaukan pada malam hari ?

Oleh  : Ratna Widayat
SMP Negeri 2 Jumantono

Kita bisa melihat benda-benda di sekitar kita karena ada cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda ke mata kita. Ini berarti tanpa adanya cahaya kita tidak dapat  melihat meskipun mempunyai mata. Namun demikian cahaya dengan intensitas sangat kuat dapat mebuat pandangan mata kita menjadi kabur setelah cahaya kuat tadi berhenti mengenai mata kita. 



Salah satu bagian mata kita ada yang disebut pupil yaitu lubang tempat cahaya masuk. Dan ada pula yang disebut iris yaitu bagian yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata melalui pupil. Jadi pupil dan iris bekerja bersama-sama dalam mengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata. Iris dapat membuat pupil melebar atau menyempit sesuai intensitas cahaya di luar mata. Jika intensitas cahaya di luar cukup kuat pupil menyempit dan jika intensitas cahaya di luar lemah pupil akan melebar. Jadi melebar dan menyempitnya pupil bertujuan agar cahaya yang masuk ke mata cukup. Perlu diketahui pula bahwa gerak melebar dan menyempitnya pupil memerlukan jangka waktu.

Pada saat mata kita dikenai cahaya dengan intensitas cukup kuat dari kendaraan di depan kita pada malam hari, mata kita akan silau dan setelah kendaraan di depan kita berlalu pandangan mata kita menjadi gelap. Padahal sebelumnya kita masih dapat melihat benda-benda di sekitar kita.

Ketika dikenai cahaya dengan intensitas cukup kuat pupil kita perlahan-lahan menyempit ( karena dengan lubang yang sempitpun cahaya yang masuk ke mata sudah cukup) . Proses pemenyempitan akan berlangsung terus selama cahaya masih mengenai mata.
Setelah kendaraan berlalu cahaya di depan kita intensitasnya sangat lemah sedangkan pupil kita masih dalam keadaan sempit. Hal demikian membuat pandangan mata kita menjadi gelap karena seharusnya mata membutuhkan banyak cahaya tetapi pupil dalam keadaan sempit.  Keadaan ini berangsur-angsur akan berakhir karena semakin lama lubang pupil berangsur-angsur melebar dan kebutuhan cahaya tercukupi seperti semula (sebelum mata kita dikenai cahaya) dan mata dapat melihat kembali.




3 komentar:

Bisa saja begitu Om, tapi ini murni kata-kata dan ide saya sendiri yang sudah saya tulis 2 thn yll. Setiap saya mengajarkan alat optik ini selalu saya sampaikan ke anak dan kutulis. tapi blm pernah dipublikasikan. Atau tanya saja kepada mas Agus.

Cuma gaya nulis yang mirip...he3x...lanjutken Pakdhe Wid...

http://www.indonesiacerdas.web.id/search/label/Belajar%20Sains